Pengaruh Media Pembelajaran Digital terhadap Peningkatan Keterampilan Proses IPA Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media pembelajaran berbasis digital dalam meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode meta-analisis terhadap 15 artikel yang dipublikasikan pada rentang tahun 2020 hingga 2025. Seleksi artikel mengikuti alur PRISMA dan kriteria inklusi yang ditetapkan, yaitu studi yang menggunakan media digital dalam pembelajaran IPA, melibatkan siswa sekolah dasar, dan menyajikan data kuantitatif. Dari 15 artikel, 10 artikel memenuhi kriteria dan dianalisis lebih lanjut menggunakan model random effects untuk menghitung nilai effect size (Cohen’s d). Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh artikel yang dianalisis memiliki nilai effect size besar hingga sangat besar, dengan rentang d = 1.074 hingga 2.486. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media digital sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains, seperti mengamati, mengklasifikasi, mengukur, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan. Efektivitas ini diperkuat oleh karakteristik media digital yang interaktif, visual, dan mampu memfasilitasi pembelajaran inkuiri. Dengan demikian, media pembelajaran digital merupakan strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar guna mendukung pengembangan keterampilan ilmiah siswa secara optimal.
Kata kunci: media pembelajaran digital, keterampilan proses IPA, siswa sekolah dasar, meta-analisis, efektivitas pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Alfandi, F., Adri, H., & Kholik, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Video Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa SD N Sukagalih 03. Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1). https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/6/4
Anar, A. P., Hidayah, & Humairah, A. E. (2025). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR: KAJIAN LITERATUR. Rencana Pendidikan Dasar, 5(1).
Azizah, A. N., Muchtar, N. R., & Hasan, M. A. (2025). Efektivitas Pembelajaran Proyek dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Empati Global pada Siswa SDN Ngingas Kelas IV. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.1403
Borenstein, M., Hedges, L. V., Higgins, J. P. T., & Rothstein, H. R. (2009). Introduction to Meta-analysis. A John Wiley and Sons, Ltd., Publication.
Bruner, J. S. (1966). Toward a Theory of Instruction. Harvard University Press. https://www.hup.harvard.edu/books/9780674897014
Bybee, R. W. (2015). The BSCS 5E instructional model: Personal reflections and contemporary implications. Science and Children. National Science Teachers Association. https://static.nsta.org/pdfs/samples/PB356Xweb.pdf#page=5.00
Chafshah, N. A., Asy-Syauqi, I. M., Hadiati, E., & Rahmantika, R. V. (2025). EFEKTIVITAS METODE SIMULASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PENDIDIKAN DASAR DI ERA DIGITAL. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.23687
Damayanti, K. P., & Wiyarta, I. W. (2022). Media Aplikasi Berbasis Pembelajaran Saintifik pada Muatan IPA SD. Mimbar Ilmu, 27(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45232
Darmayanti, N. W. ., Wijaya, I. K. M. W. B., Sanjayanti, N. P. A. ., & Janawati, D. P. A. (2021). Analisis Aspek Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Buku Teks IPA Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Jurnal Pendiidkan Dasar Nusantara, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16022
Elisa, D. T., Juliana, Bundel, Bumbun, M., Silvester, & Purnasari, P. D. (2023). Analisis Karakteristik Hakikat Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 10(1). https://www.researchgate.net/publication/373649210_Analisis_Karakteristik_Hakikat_Pembelajaran_IPA_di_Sekolah_Dasar
Febriyanti, D., Parwati, N., & Sudarma, I. (2024). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUNAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v14i2.3801
Goldie, J. (2016). Connectivism: A knowledge learning theory for the digital age? JOUR, 38(10). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.3109/0142159X.2016.1173661
Hardiningrum, P. Y., & Agung, A. A. G. (2022). Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning pada Muatan IPA Materi Alat Gerak Hewan untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44834
Hardiyanti, F. (2018). Pengembangan Media Simulasi Digital Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pokok Bayangan Pada Cermin Kelas VIII Di SMP Negeri 33 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/27565
Hazana, E. M. (2025). Integrasi Pendekatan STEM dalam Pembelajaran IPA untuk Mengembangkan Kreativitas dan Pemecahan Masalah Siswa di SMPN 1 Cigombong. Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.59024/bhinneka.v3i1.1130
Ihwana, W., Risnawati, Vebrianto, R., & Hamdani, M. F. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD (Studi Kuasi Eksperimen pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpion.v4i2.451
Illahi, T. A. R., Rahmawati, I., & Setyawan, A. (2021). Pemanfaatan Media Interaktif Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Siswa Kelas V SDN Sumurwelut 1/438 Surabaya. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.52620/jeis.v1i2.11
Irsan. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basic Edu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682.
Juwanda, K. A., Mariono, A., & Sumarno, A. (2025). Meta Analisis Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.59141/japendi.v6i1.6830
Kemdikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Jenjang Sekolah Dasar.
Kharis, S. A. A., & Zili, A. H. A. (2022). Learning Analytics dan Educational Data Mining pada Data Pendidikan. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(1). https://www.researchgate.net/publication/359631908_Learning_Analytics_dan_Educational_Data_Mining_pada_Data_Pendidikan
Kinaya, A., Suriani, A., & Nisa, S. (2024). Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 4(2). https://doi.org/10.58737/jpled.v4i2.281
Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, M. W. (2017). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3). https://doi.org/https://doi.org/10.1177/002205741319300
Kurniawan, A., Adrian, & Syam, S. S. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengelatuan Alam, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.59581/konstanta-widyakarya.v3i1.4851
Llewellyn, D. J. (2012). Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation. https://www.corwin.com/books/teach-high-schl-sci-thr-inquiry-236674?srsltid=AfmBOorWZEf6W5RzuPjtaE4zrQwi6QEMP3-M8b_FCdTZu-50lE7O-5H3
Maisarah, & Prasetya, C. (2023). Pengaruh Media Digital Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Bernalar Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basic Edu Prasetya, Cyndi, 7(5). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6097
Mayer, R. E. (2014). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9781139547369
Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19186
Mudina, I. G. N. K., Astawan, I. G., & Sanjaya, D. B. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN GAMIFIKASI TERHADAP EFIKASI DIRI DAN HASIL BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(2). https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/https%3A%2F%2Fdoi.org%2F10.38048%2Fjipcb.v9i2.?_tp=eyJjb250ZXh0Ijp7ImZpcnN0UGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIiwicGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIn19
Muliani, N. K. D., Sariyasa, & Margunayasa, I. G. (2021). PENGEMBANGAN TES PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.292
Mulyanto, T. N. H. P., & Yoenano, N. H. (2023). Kesiapan Guru Menuju Digitalisasi Pendidikan di Era Merdeka Belajar Ditinjau dari Komponen TPACK. PROCEEDING SERIES OF PSYCHOLOGY, 1(1). https://psikologi.unair.ac.id/proceeding-series-of-psychology/index.php/psp/article/view/48
Muspratiwi, P. M. R., Patta, B., & Muh, Y. (2024). E-ISSN: 3025-0994Halaman 365-380Volume 2Nomor 3Tahun 2024Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research365Development of Guided Inquiry Learning Model Based on Educational Games to Improve Elementary Students’ Science Process Skills. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Researc, 2(3). https://multidisipliner.org/index.php/ijim/article/view/190/149
Noviyanti, A., Mussadat, S., & Amrullah, L. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint pada Muatan Pelajaran IPAS Kelas V SDN 32 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10711
OECD. (2023). Students Performance PISA 2022 Results (Volume I). https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en.html
Piaget, J. (1972). The psychology of the child. Basic Book.
Prayogi, Prayoga, & Sari, C. K. (2025). TRANSFORMASI PENDIDIKAN INDONESIA: ADAPTASI STRATEGI PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19. Journal of Educational Research and Development, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.54373/cognitiv.v1i2.115
Prayudi, A., Sasmita, L., Supriyaddin, Burhanuddin, & Mahdin. (2025). Pengembangan Game Edukasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar berbasis Case Method dan Team Based Project. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1558
Putri, F. A. B., & Rezkita, S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GONDOLAYU. Jurnal Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i3.6122
Rahayu, S., Awalia, Y., & Arsyad, M. (2021). Media interaktif IPA. Guepedia.
Rahmawati, & Erfan, P. M. P. I. M. E. untuk K. I. S. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT IPA INTERAKTIF MATERI ENERGI UNTUK SISWA KELAS 3 SDN 2 GONDANG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26565
Rahmawati, R., Khaeruddin, & Amal, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.163
Rais, M., Sukmawati, & Hijriyah, U. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 3(4). https://doi.org/https://doi.org/10.57218/jupenji.Vol3.Iss4.1332
Rana, Sani, Y. M. S. Y. ., & Solo, Y. D. (2023). Efektivitas Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Mas Muhammadiyah Nangahure. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(3). https://doi.org/Yuliana Dua
Riwanto, M. A., & Budiarti, W. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA SD Terintegrasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14974
Rustaman, N. . (2020). Keterampilan proses sains: Konsep dan penerapannya dalam pembelajaran IPA. UPI Press.
Selwyn, N. (2012). Education in a Digital World: Global Perspectives on Technology and Education. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203108178
Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767
Suryaman, Tjiptady, B. C., & Juniarso, T. (2022). Transformasi Desain Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 berbasis pembelajaran Digital Kurikulum 2013: Studi Kasus Sekolah Dasar Multikultural. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2). https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5218
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/4331
Widyaningrum, D. P., Zulfiati, H. M., & Nisa, M. (2022). Penerapan Multimedia Interaktif Powerpoint Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Siswa SD. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 3(1). https://doi.org/10.30738/jipg.vol3.no1.a11903
Widyawati, T., Adnyana, B., Warpala, & Sukra, I. W. (2019). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PERTANYAAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA DI KELAS VII DI SMP NEGERI 3 BANJAR. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 6(2). https://ejournal.undiksha.ac.id
Zahra, F., Wahyudiana, E., & Hadi, W. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS IV SD. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2). https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1058
Refbacks
- There are currently no refbacks.